Gua Giri Putri
January 23, 2019
Pulau Seribu-Raja Lima Nusa Penida
January 23, 2019

Desa Wisata Tanglad-Kain Cepuk Nusa Penida

Desa Tanglad merupakan desa wisata yang berada di bagian selatan Pulau Nusa Penida. Desa ini berada di atas Perbukitan. Desa Tanglad merupakan desa pusat kerajinan Tenun Cepuk. Kain cepuk Nusa Penida berbeda dengan kain endek, songket, perada, poleng, dan batik Bali. Kain cepuk memiliki keistimewaan sendiri. Kain Cepuk merupakan kain asli yang asalnya dari desa Tanglad, Nusa Penida, Bali. Kain ini diproduksi dengan teknik menenun. Tradisi menenun sudah turun temurun dilaksanakan oleh penduduk Desa Tanglad di Pulau Nusa Penida untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kain cepuk memiliki ciri khasnya sendiri. Motif-motifnya khas. Pewarnaannya juga menggunakan bahan alami yang berasal dari kayu secang. Kain cepuk merupakan kain khas Pulau Nusa Penida yang dipasarkan hanya di daerah Nusa Penida.

Proses pembuatan kain cepuk cukup panjang karena memakai peralatan sederhana yang masih tradisional. Teknik pembuatannya pun cukup rumit yang memerlukan ketelitian dan keahlian tersendiri. Bahan-bahan yang digunakan masih memanfaatkan sumber alam, baik itu proses pewarnaannya. Tahap awal adalah mepesen, yaitu memisahkan kapas dari bijinya. Selanjutnya menggeburkan kapas yang telah dipisahkan disebut nyetet. Proses ketiga adalah ngantih yang merupakan kegiatan pemintalan kapas menjadi benang. Sungguh proses yang melelahkan tetapi mereka setia melakoninya.

Alat Pintal tradisional Kain Cepuk

Sekarang kain Tenun Cepuk sudah diperdayakan dan diproduksi secara lebih modern. Kain ini sekarang sudah diproduksi dengan menggunakan alat tenun Bukan mesin.  Dahulu kain ini digunakan saat upacara adat, tarian sakral, upacara manusia yadnya (potong gigi). Diyakini ketika menggunakan kain ini maka penggunanya akan dilindungi, sehingga kain ini dipercaya sebagai kain Suci. Kain ini sekarang diperjualkan secara bebas, dan menjadikan produksi tenun cepuk sebagai salah satu mata pencaharian Di Desa Wisata ini. Kain khas Cepuk ini bisa menjadi oleh-oleh desa Tanglad. Wisatawan yang mengunjungi desa wisata Tanglad ini juga dapat menyaksikan proses pembuatan kain ini serta ikut mencoba menenun benang kain cepuk ini. Kain cepuk di Nusa Penida dijual murah.  Selembar kain dihargai Rp 100.000 sampai Rp 1,2 juta. Anda bisa langsung membelinya dengan mampir ke Desa Tanglad.  Kalau Anda sedang jalan-jalan ke Nusa Penida, jangan lupa untuk mampir membeli salah satu motif kain cepuk sebagai kenang-kenangan. Untuk lebih hemat wisatawan juga dapat memesan kain cepuk via @infopenidatour team atau WA +6285738211636 dan menikmati obyek wisata nusa penida lainya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishGermanIndonesian
Website Security Test